Friday, September 30, 2016

JENIS UDANG YANG BANYAK DIBUDIDAYAKAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN SINGAPURA


Jenis udang yang biasa kita makan ada bermacam-macam. Ada udang windu, udang galah dan sebagainya. Udang merupakan salah bahan makanan yang berasal dari air yang banyak dicari. Bila anda pernah makan udang yang besar berwarna kemarahan itu adalah udang windu. Udang dari air tawar juga tidak kalah enak dan juga kaya akan manfaat. Meski sebagian orang ada yang tidak bisa makan udang karena alergi, akan tetapi peminat udang juga tidaklah sedikit.
Berbagai resep makanan yang berasal dari berbagai jenis udang mudah ditemukan direstoran ataupun warung makan. Dari udang goreng sampai udang bumbu asam manis. Rasa unik udang berbalut bumbu sungguh menggugah selera. Untuk membudidayakan udang ini juga menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi udang yang berasal dari lau. Kualitas air memegang peranan penting dalam keberhasilan budidaya udang.

Jenis Udang yang Biasa Dibudidayakan

Udang adalah hewan air yang dalam klasifikasinya termasuk sebagai Crustacea ini memiliki beragam jenis spesiel lagi. Setiap jenis memiliki ciri dan kelebihan sendiri-sendiri, para pembubidaya bisa memilih jenis mana yang menurut mereka paling menguntungkan atau mudah dibiakan. Berikut ini beberapa jenis udangyang populer di Indonesia dan memiliki nilai tinggi
  • Udang Windu. Udang jenis ini adalah udang yang digemari sebagai bahan makanan karena badannya yang tergolong besar dan rasanya bercita rasa manis gurih. Udang windu memiliki kulit yang tebal, dengan warna hijau kebiru-biruan dihiasi garis gelap melintang pada tubuhnya. Udang ini juga ada yang berwarna kemerahan dengan warna garis coklat. Udang windu juga sering disebut sebagai tiger shrimp. Budidaya udang windu biasa dilakukan di tambak yang bisa bersifat tambak ekstensif atau intensif.
  • Udang Galah. Udang yang satu ini adalah udang air tawar yang tidak kalah terkenalnya di kalangan konsumen. Udang ini terkenal dengan sosoknya yang besar, gemuk, terdiri dari berbagai macam warna. Ada yang hijau kecoklatan, kuning kecoklatan, hijau kebiruan atau nampak seperti udang windu namun penampilannya lebih bundar. Udang galah juga dikenal sebagai Fresh Water shrimp.
  • Udang Vannamei. Udang ini adalah salah satu jenis udang yang didatangkan dari luar Indonesia dan mulai dibudidakayan di sini. Udang vannamei akhir-akhir ini semakin diminati, karena memiliki berbagai kelebihan dibanding udang lain seperti tahan serangan penyakit, pertumbuhannya lebih cepat yaitu dengan masa pemeliharaan antara 100 sampai 110 hari, daya tahan hidup selama pembiakan tergolong tinggi dan pakannya yang relatif lebih mudah. Udang vannamei bisa dikembangkan dengan teknik pola tambak udang tradisional.
Selain jenis-jenis budidaya di atas, masih ada banyak jenis udang lain yang cocok untuk dibudidayakan karena bernilai tinggi dan menguntungkan. Di antaranya udang jerbung, udang kipas, udang kucing, udang dogol dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment