Friday, September 30, 2016

TIPS BUDIDAYA IKAN YANG SUKSES

Budidaya ikan adalah termasuk salah satu sektor usaha yang menjanjikan hal ini terlihat banyaknya masyarakat Indonesia yang juga gemar mengkonsumsi ikan.  Budidaya ikan terbagi menjadi dua bagian yaitu jenis ikan yang hidup di air tawar dan ikan yang hidup di air asin.
Selain hidup di alam bebas seperti di laut, danau, sungai ada banyak jenis spesies ikan yang bisa dikembang biakkan dengan melalui penangkaran. Tentunya ikan yang banyak digemari dan di konsumsi oleh masyarakat secara umum. Sebagai contoh, bisa mencoba budidaya ikan ayng mempunyai tingkat popularitas tinggi, seperti BUDIDAYA IKAN NILA, ikan lele, atau jenis ikan lainnya.
budidaya ikan mas
Langkah-langkah yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya ikan baik ikan yang hidup di air tawar maupun asin adalah tidak mudah. Untuk mencapai kesuksesan dalam menggeluti usaha dibidangbudidaya ikan diperlukan cara-cara khusus. Diantaranya yaitu memahami jenis spesies yang akan di kelola baik dari cara pengembang biakan, pembesaran, perawatan, pencocokan terhadap struktur tanah dan lain sebagainya.
Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan sebelum melakukan budidaya ikan  daiantaranya;
Melihat pasar atau melihat kebutuhan masyarakat terhadap jenis spesies ikan
Cara ini antara lain bisa dilakukan dengan mengamati pedagang-pedagang ikan yang ada di pasar-pasar baik dipasar tradisional maupun modern. Dengan cara ini kita bisa mengetahui mana jenis ikan yang lebih diminati oleh para konsumen.
Buatlah rencana bisnis dan strategi
Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat tentang ikan, kita bisa merencanakan jenis ikan apa yang akan dibudidayakan. Dan selain itu penyiapan modal yang cukup adalah faktor  yang paling utama untuk menunjang kelangsungan budidaya ikan.
Bangun jaringan terhadap konsumen
Membangun jaringan terhadap calon konsumen adalah faktor utama dalam meraih kesuksesan budidaya ikan pada saat masa panen.
Mengamati kompetitor  dalam bidang yang sama yaitu dalam hal budidaya ikan
Cobalah amati dan pelajari bagaimana kompetitor anda serta lakukan langkah perencanaan strategis guna mengungguli kompetitor
Membuat inovasi yang berbeda dari kompetitor
Selalu buat inovasi yang menarik dan berbeda dari kebanyakan produk yang sudah ada. Seperti melakukan bibit budidaya jenis unggul atau menyilangkan beberapa jenis spesies ikan hingga anda akan mendapatkan jenis ikan yang tidak di miliki oleh kompetitor
Demikian tadi beberapa langkah dan tahapan penting yang harus diketahui sebelum terjun dalam bisnis budidaya ikan. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment